Traveling to Japan: What to Prepare. #BiPost

May 27, 2016

Traveling Essentials

Introducing #BiPost !!! any post in Caprianist.blogspot.co.id with #BiPost tag would be available in English and Indonesian language!

ENGLISH

Of course whenever you go to a place, you have to prepare the flight tickets and visa. For Indonesia citizen, you can travel to Japan visa-free, but you have to possesed the E-passport. To those who doesn't have it, you have to apply for visa at Japan embassy by bringing these documents.

Even though it's visa-free for e-passport holder, you have to register your e-passport to Japan Embassy using visa waiver form (you can download the form here). And you're good to go!

Another thing that's most important in my own opinion is the data connection. You can buy tourist SIM Card from indonesia for approx IDR 300,000.-. I prefer to rent a mobile wi-fi as it would be cheaper if you travel with your friends. But, buy a SIM card would be more beneficial for you if you're a solo traveler.

What else? Don't forget to bring universal charger as the common plugs in Japan is 110V! Another things that you could consider to prepare are:

  1. JR Pass (if you travel a lot to another city using train)
  2. Amusement park tickets, buy the tickets online would avoid you to queue for a long time. Besides, some amusement park lime disneyland and disney sea have a visitor quota per day, so it would be better if you save your spot by booking it online
  3. Doraemon museum and ghibli museum ticket. These tickets can only be bought from lawson station in Japan. Better ask for your friend's help to get these, as both of them are unavailable for online purchase.

Other than that, pack your clothes and you're good to go!!

INDONESIAN

Tentu saja setiap kali kita pergi ke suatu tempat, kita harus mempersiapkan tiket pesawat dan visa. Nah, untuk warga negara Indonesia, perjalanan ke Jepang dapat dilakukan dengan bebas visa, tapi Anda harus punya E-passport. Untuk mereka yang belum memilikinya, maka harus mengajukan permohonan visa di Jepang kedutaan dengan membawa dokumen-dokumen ini.

Meskipun bebas visa berlaku untuk pemegang e-passport, Anda harus mendaftar e-passport ke Jepang Embassy menggunakan formulir visa (Anda dapat men-download formulir di sini). Setelah mendapatkan Visa, all set!

Hal lain yang paling penting menurut saya sendiri adalah koneksi data. Anda dapat membeli wisata SIM Card dari Indonesia untuk kira-kira Rp 300.000,-. Saya lebih memilih untuk menyewa wi-fi mobile, sih. Karena akan lebih murah jika Anda bepergian dengan teman-teman Anda. Tapi, membeli kartu SIM akan lebih bermanfaat bagi Anda jika Anda Solo Traveler.


Apa lagi? Jangan lupa untuk membawa charger universal, karena colokan umum di Jepang adalah 110V! hal lain yang dapat Anda pertimbangkan untuk mempersiapkan adalah:


  1. JR Pass (jika Anda bepergian ke kota lain menggunakan kereta api)
  2. Tiket Taman Hiburan; membeli tiket secara online akan menghindari Anda untuk antrian untuk waktu yang lama. Selain itu, beberapa taman hiburan seperti Disneyland dan DisneySea yang memiliki kuota pengunjung per hari, sehingga akan lebih baik jika Anda membeli tiket secara online untuk menghindari sudah tercapainya kuota pengunjung. Waktu saya di sana, ada loh pengunjung yang ditolak untuk masuk karena sudah mencapai jumlah kuota pengunjung, jadi tiket sudah tidak dijual lagi dan siapapun yang belum memiliki tiket untuk hari itu jadi nggak bisa masuk!
  3. Tiket Museum Doraemon dan Museum Ghibli. Tiket ini hanya dapat dibeli dari Lawson Station di Jepang. Lebih baik meminta bantuan teman Anda untuk mendapatkan ini, karena keduanya tidak tersedia untuk pembelian secara online.

Selain itu, waktunya packing dan Anda siap untuk pergi!!

#BiPost #TravelingEssentials

You Might Also Like

0 komentar

Instagram Feeds

Subscribe