Food from the most eastern part of Indonesia: Part 1

November 04, 2013

Hi, fellas! Setelah selama ini penulis mayoritas sharing mengenai makanan di Jakarta, mulai posting-an kali ini, penulis akan mencoba untuk menyajikan kuliner dari berbagai belahan di Indonesia. Caprianist go National!


Nah sepertinya untuk mengawali review kuliner kali ini, penulis akan memulai dari kuliner di Indonesia bagian paling timur, yang bahkan berbatasan dengan Negara tetangga, yaitu PAPUA! Yak, Sebuah pulau yang dulu bernama Irian dan memiliki luas 3x pulau jawa ini kini bernama Papua. Terdiri dari 2 provinsi yaitu Papua dan Papua Barat. Nah makanan apa aja sih yang ada di Papua? Here it is!


Papua memiliki makanan yang masih kurang beragam, hampir semua daerah di Papua hanya menyediakan pilihan makanan nusantara. Di Papua tidak ada makanan Jepang, western food pun hanya sedikit. Makanan pokok mereka bukanlah nasi tapi sagu, yang disebut dengan pappeda. Nah Pappeda ini dikonsumsi dengan sop ikan kuning. Cara makannya juga tergolong unik, karena pappeda yang memiliki tekstur lengket harus diputar dulu dengan kedua sumpit sebelum disajikan di piring. Setelah itu, tinggal disiram kuah dari ikan kuning baru siap disantap!


Rasanya… Hmmm penulis sih nggak suka karena menurut penulis teksturnya itu terlalu kenyal sehingga di mulut pun terasa lengket dan mengunyah-nya pun jadi pegal. Di samping itu harganya terbilang cukup mahal, karena memang harga makanan di Papua lebih mahal daripada daerah lain di Indonesia. Untuk menebus pappeda, harus merogoh kocek Rp. 35,000.- sementara ikannya Rp. 80,000.-. Memang sih Pappedanya cukup untuk 5 orang, tetapi sup ikannya hanya untuk sekitar 3 orang. Namun secara objektif, banyak loh yang suka makanan khas Indonesia wilayah Timur ini!


Bagi yang tertarik untuk mencoba, silakan kunjungi Restoran yang menyediakan Pappeda di Papua, salah satunya Restoran Bambu Kuning di Ruko Dok II, Jayapura. Selamat Mencoba! :)

Lanjut ke Part 2 ya! :D

You Might Also Like

1 komentar

Instagram Feeds

Subscribe