Badan tetap ideal meski banyak duduk di kantor

May 02, 2013


APAAAAA?? Banyak duduk tapi badan tetap ideal? Gimana cara tuh, apalagi kalo kedapatan kerja kantoran yang notabene banyak duduk di depan komputer dan dihiasi dengan rapat yang selalu berlimpah makanan. Tampak mustahil rasanya. Ditambah lagi melihat senior atau atasan yang penampakan aslinya pasti tampak lebih subur dibandingkan dengan foto di name tag nya.


Sebenarnya, yang membuat badan kita bertambah bobotnya adalah kurang gerak dan nafsu makan yang tidak bisa dikontrol. 2 hal ini dapat diatasi secara sederhana, yaitu banyak berolahraga dan menjaga makan. Menjaga makan bukan berarti tidak “enjoying life”, tetapi merupakan sebuah investasi kesehatan yang bisa kita nikmati nantinya. Di samping itu, bukan berarti kita tidak boleh mengkonsumsi beberapa jenis makanan seumur hidup kita, tetapi kita harus memilih hari di mana kita boleh mengkonsumsi makanan sepuasnya dan hari di mana kita membatasi makanan kita. Hari di mana kita makan sepuasnya sering disebut cheating day.

Penulis memilih weekend untuk cheating day karena biasanya banyak sekali acara pada weekend. NAH, kebetulan kali ini peserta mendatangi sebuah acara seminar yang dilanjutkan dengan makan prasmanan. Di sini tempatnya untuk mempraktekkan pola pemilihan makanan sehingga badan tetap ideal. Ok, pada contoh kali ini ada nasi, ayam cabe hijau, sate, telur, dan urap. Mana yang harus dipilih?



Hindari nasi! Memang berat, tapi nasi yang mengandung karbohidrat sederhana merupakan salah satu faktor penggendut paling besar, terlebih dengan aktivitas pegawai kantoran yang banyak duduk seperti penulis. Yang wajib dihindari kedua adalah Telur dengan bumbu santannya, sebaiknya jika masih mau menikmatinya, ambil saja dan sisihkan bumbu berikut kuning telurnya. Kuning telur mengandung kolestrol yang cukup tinggi dan hanya boleh dikonsumsi maksimal satu kali sehari. Sisanya, silakan diambil! Selanjutnya, perhatikan ayam cabe hijau yang disuir seperti hidangan yang penulis jumpai. Dari bentuknya, sepertinya ini adalah bagian paha ayam yang lebih banyak kandungan lemak daripada proteinnya, jadi silakan diambil tapi jangan terlalu banyak. Yang wajib? Ambillah sayuran urap secukupnya karena sayur banyak mengandung serat baik untuk tubuh kita. Jika sedang cheating day, silakan ambil semuanya! Mudah bukan? Oh ya, cheating day yang dianjurkan adalah maksimum 2 kali dalam seminggu ya J

Demikianlah tips singkat dari penulis. Semoga berguna, dan keep enjoying life without ruining your life! :)

You Might Also Like

0 komentar

Instagram Feeds

Subscribe